Selasa, 06 September 2016

MANFAAT DAUN SIRIH UNTUK KESEHATAN



Banyak manfaat daun sirih yang bisa diambil, daun sirih ini sangat mudah sekali kita temukan selain itu juga sangat mudah untuk ditanam. Tanaman ini bernama latin piper battle l, selain itu juga bisa untuk  dimanfaatkan sebagai tanaman obat-obatan karena didalamnya mengandung minyak atsiri, kavikol, gula, seskuiterpen, dan betlephenol.

Manfaat daun sirih untuk kesehatan tubuh

Banyak manfaat dari tanaman hijau yang menjalar seperti macam daun sirih dan masuk dalam keluarga piperaceae ini. Ada beberapa manfaat dari daun sirih serta cara membuatnya :

1. Mengobati Asma

Dengan caranya, siapkan 4-5 daun sirih dan rebus daun sirih tersebut didalam 1 gelas air saja. Kemudian minumlah rebusan daun sirih tersebut dengan rutin.
2. Menyembuhkan Radang Pada Tenggorokkan

Merebus daun sirih sekitar 4-5 daun sirih dalam 2 gelas air sampai tersisa setengahnya. Setelah sudah direbus minumlah rebusan daun sirih tersebut secara ter atur 2-3 gelas sehari.
3. Mengobati Kendala Batuk

Daun sirih ternyata juga mampu menyembuhkan batuk bandel. Dengan cara merebus 5 daun sirih merah didalam air  dengan ukuran 300 ml , setelah itu minumlah rebusan air daun sirih 2 kali setiap hari dan lakukanlah secara teratur.
4. Menyembuhkan Penyakit Bronchitis

Dengan mengobati penyakit bronchitis ini Anda membutuhkan 6–10 daun sirih yang direbus dengan ukuran air 300 ml. Setelah itu minumlah rebusan daun sirih tersebut 3 kali dalam sehari secara teratur.
5. Obat Luka Bakar Ringan

Caranya sangatlah mudah dengan kita menumbuk 3-5 lembar daun sirih berwarna merah, kemudian kita oleskan tumbukan daun sirih tersebut di luka kita dan dilakukan setiap hari dua kali secara rutin.
6. Mengobati Demam Berdarah

Dengan merebus 5-6 daun sirih didalam 2 gelas air sampai tersisa setengahnya. Setelah itu, minum air rebusan daun sirih tersebut 2 kali dalam sehari dan dilakukan secara rutin supaya cepat sembuh.
7. Menyembuhkan Iritasi Dan Juga Sakit Mata
Manfaat daun sirih cukup dikenal untuk mengobati iritasi dan sakit pada mata. Dengan kita merebus 1-2 lembar daun sirih didalam 1 gelas air, lalu kita tunggu sampai rebusan daun sirih dingin. Cara menggunakan air rebusan daun sirih tersebut untuk mengompres atau bisa juga sebagai obat tetes pada mata.
8. Melancarkan Haid

Daun sirih juga bisa memperlancar haid pada kaum wanita. Dengan kita merebus 3 lembar daun sirih, 10 gram mahkota dewa, ditambah 15 gram umbi dewa dalam 2 gelas air sampai dan tersisa 1 gelas saja. Minumlah rebusan daun sirih tersebut 2 kali dalam sehari.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar