Senin, 29 Agustus 2016

Pentingnya Serat Dan Cairan Untuk Sehatnya Pencernaan

Makanan dan minuman sangat bermanfaat untuk kesehatan pencernaan? Menurut International Food Information Council Foundation (IFICF), sebelum tubuh mendapatkan manfaat dari makanan dan minuman yang dikonsumsinya, sistem pencernaan harus mencerna makanan yang dapat diserat oleh tubuh.
Sistem pencernaan adalah sistem yang terdiri dari semua bagian tubuh yang dipakai untuk mengunyah, menelan, menyerap makanan dan membersihkan tubuh dari sisa - sisa pencernaan tersebut. Nutrisi, termasuk karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral dicerna kemudian diserap ke dalam darah melalui mulut, perut, dan organ pencernaan lainnya. Tubuh menggunakan nutrisi untuk membangun sel tubuh, sebagai sumber energi untuk proses tubuh yang lain.
Saat tubuh mengalami stres, sistem pencernaan pun akan mudah terpengaruh. Banyak faktor yang mampu mempengaruhinya, seperti pola makan tidak baik, perjalanan, perubahan hormon, dan efek samping obat. Kita harus cerdas memilih makanan dan melakukan olahraga yang dapat membantu mengatasi masalah pencernaan dan mampu menjaga sistem pencernaan agar tetap sehat.
Serat dan Cairan

Serat mempunyai peran karena berfungsi menyapu semua hal yang tak dibutuhkan oleh perncernaan. Serat bisa dianggap sebagai ‘tukang sapu’ yang akan menjaga tubuh agar tetap bersih.
Serat dapat ditemukan hampir semua makanan, termasuk buah-buahan, sayuran. Perempuan yang berusia 14-50 tahun seharusnya mengkonsumsi minimal 25 gram serat di setiap harinya, sedangkan pria perlu 30 gram.
Minum banyak cairan akan membantu kerja serat. Buah-buahan, mengandung banyak air dan serat yang bisa membantu melancarkan pencernaan tubuh.
Berikut beberapa cara alternatif menambahkan serat menurut IFICF:
– Penuhilah setengah piring dengan buah dan sayuran. Dan yang setengahnya lagi dengan daging tanpa lemak.
– Tambahkan salad didalam makanan dan makanlah buah sebagai penutup
– Tambahkan sayuran saat memasak apapun itu
– Melakukan sarapan pagi dengan makanan yang terbuat dari biji-bijian dan dicampur irisan buah, contohnya seperti sereal.
– Makanlah sayuran mentah dan kacang-kacangan sebagai camilan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar